Pro dan kontra tentang Penggunaan Plafon PVC

Mari kita bahas tentang salah satu jenis plafon paling populer dan paling kontroversial di pasaran saat ini: plafon polivinil klorida, atau plafon PVC.

Sebagian besar plastik yang diproduksi, PVC hadir dalam berbagai elemen, mulai dari mainan dan perkakas hingga beberapa bahan konstruksi (seperti yang pasti akan diberitahukan oleh kontraktor profesional kepada Anda).

Dan sekarang, berkat pemasangan plafon PVC, kini lebih banyak hadir di rumah kita daripada sebelumnya.

Meskipun plafon PVC memberikan banyak keuntungan berbeda yang membedakannya dari bahan plafon lainnya, hal ini tidak datang tanpa kekurangannya.

Jadi, jika Anda bertanya-tanya tentang membawa jenis langit-langit atau atap ini ke dalam rumah Anda, namun belum membacanya (sebagaimana mestinya), serahkan kepada kami untuk memberi tahu Anda…

1. Dari mana asal PVC?


Dikembangkan di Eropa pada tahun 1970-an, kelongsong PVC pertama kali digunakan untuk pelapis dinding interior dekoratif, berkat sifatnya yang unik dibandingkan dengan opsi lain pada saat itu.

Saat ini, untuk kemudahan pemasangan, panel PVC biasanya memiliki inti berlubang dan cukup ringan dengan permukaan yang halus.

2. Keunggulan langit-langit PVC


Lebih sedikit bahan tambahan: Dibandingkan dengan jenis plastik dan bahan langit-langit lainnya, PVC yang sangat dilapiskan, yang digunakan dalam banyak kasus, mengandung sangat sedikit bahan tambahan dan bahan tambahan yang dapat membuatnya berbahaya.

Ini jauh dari hari-hari ketika asbes hadir di hampir semua papan langit-langit.

Ramah anggaran: Pembuatan dan pemasangan papan plafon PVC tidak mahal. Karena diproduksi secara massal, mereka tersedia melalui berbagai saluran dan dari banyak distributor yang berbeda.

Dan karena mereka tersedia dalam banyak warna, Anda seharusnya tidak kesulitan menemukan plafon PVC yang ideal untuk melengkapi interior Anda, terlepas dari gaya atau desainnya.

Daya tahan: Plafon PVC cukup tahan lama dan kokoh. Dan meskipun mereka bukan pilihan yang paling menarik di pasaran, mereka ideal ketika Anda membutuhkan bahan tahan lama dengan sedikit perawatan.

Tahan kelembaban: Selain itu, plafon PVC juga dikenal anti jamur, tahan korosi, tidak membutuhkan pengecatan, mudah dibersihkan, tahan rayap, dan tahan air.

3. Kontra plafon PVC


Pelepasan Klor: Kelemahan terbesar dari plafon PVC adalah fakta bahwa bahan ini menggunakan klorin, yang merupakan gas berbahaya dalam keadaan aslinya.

Jelas pipa PVC dan bahan langit-langit tidak mengandung klorin bebas dalam jumlah besar, namun bukan tidak mungkin klorin terurai sehingga jejaknya yang sangat kecil dapat dilepaskan ke udara.

Tidak terlalu menarik secara visual: Seperti yang telah dikatakan, PVC bukanlah pilihan yang paling menyenangkan secara visual.

4. Cara memasang plafon PVC


Ingin melenturkan otot DIY Anda dan memasang sendiri papan plafon PVC Anda? Itu pasti mungkin, selama Anda mematuhi langkah-langkah yang diberikan.

Sebelum pemasangan:

  • Periksa apakah naungan dan tumpukan yang sama digunakan di satu area
  • Periksa kemungkinan adanya penyimpangan atau kerusakan
  • Ingatlah bahwa langit-langit dan cornice PVC tidak boleh terkena sinar matahari langsung, karena produk tidak memiliki penstabil UV.

Untuk memasang:

  1. Ingatlah bahwa ruang brandering maksimum adalah 500mm (brandering langit-langit mengacu pada anggota kayu kecil yang digunakan untuk menopang langit-langit tetap; brandering biasanya dipasang ke bagian bawah tali rangka bawah).
  2. Sejajarkan brandering ke atas, sejajar atau horizontal.
  3. Panel langit-langit PVC dapat disekrup ke kayu atau baja.
  4. Saat memasang panel langit-langit PVC Anda ke merek, pastikan Anda menggunakan jenis sekrup yang benar (sekrup yang disetujui TS16 atau SSDS16 PVCSA). Panel harus diletakkan searah dengan rangka utama.
  5. Pastikan jarak yang tepat antara dinding saat memasang langit-langit. Ini untuk membantu ekspansi dan kontraksi selama kondisi dingin dan hangat.
  6. Periksa apakah kepala sekrup dikencangkan dengan benar. Itu juga harus duduk sejajar dengan alur panel langit-langit.
  7. Jepitkan panel kedua dengan lidah ke dalam alur panel pertama.
  8. Dengan telapak tangan Anda, ketuk setiap panel dengan hati-hati di samping untuk menutup rapat. Lakukan ini dengan setiap panel sebelum melanjutkan dengan panel berikutnya.
  9. Untuk memasang panel terakhir, potong memanjang menggunakan pisau karpet.
  10. Dengan menggunakan cornice PVC, selesaikan instalasi.
  11. Setelah pemasangan selesai, bersihkan langit-langit PVC dengan kain untuk menghilangkan semua debu dan kotoran.

5. Profesional yang tepat untuk plafon PVC

Tidak yakin Anda siap mencoba dan memasang sendiri plafon PVC Anda? Andalkan para profesional yang cukup berpengalaman untuk menangani tugas semacam ini.

Distributor Plafon PVF Purwakarta, sebuah perusahaan konstruksi yang berlokasi di Purwakarta, telah dikenal klien Bandung selama beberapa tahun hingga sekarang.

Firma Ahis memiliki berbagai layanan yang menjadikan mereka salah satu tenaga ahli terpopuler di daerah Karawang, Cikarang Bekasi, dengan jasa diantaranya:

• Renovasi rumah
• Ekstensi
• Membangun dan melukis
• Desain dapur
• Desain kamar mandi
• Lemari built-in
• Paving dan decking
• Plesteran dan pengubinan
• Desain dan perbaikan atap, dan banyak lainnya.

Pastikan untuk mengingatnya saat Anda perlu meningkatkan dan mempercantik salah satu aset terpenting (dan mahal) dalam hidup Anda: rumah Anda.

Pernah bertanya-tanya bagaimana Anda akan memasang ubin pada langit-langit yang melengkung? Percaya atau tidak, banyak ubin yang memiliki fleksibilitas, termasuk papan plafon polistiren dan PVC yang dapat dengan mudah diaplikasikan pada langit-langit dan permukaan berbentuk tong bulat.

Tentu, mereka bisa dibulatkan sedikit agar sesuai dengan bentuk langit-langit, tapi ingat bahwa mencoba menekuknya lebih jauh bisa berisiko merusaknya.

Saat menentukan ubin langit-langit untuk proyek desain Anda berikutnya, pastikan untuk bertanya kepada pemasok tentang jenis ubin / langit-langit yang Anda pikirkan.

Berbagai jenis bahan telah diuji untuk langit-langit selama bertahun-tahun. Serat mineral, meskipun cukup populer di masa kejayaannya, telah mengalami penurunan reputasi karena dikenal cepat mengendur dan menodai.

Tetapi ini sebenarnya membantu popularitas pemasangan plafon polistiren dan PVC, karena keduanya lebih mudah digunakan daripada serat mineral (meskipun polistiren adalah yang lebih halus dari kedua opsi tersebut).