Mengapa Memasang Plafon? Apa Plus Minusnya?

PVC Plafon PVC, sering disebut sebagai plafon plastik, menjadi semakin populer di kamar mandi dan dapur. Plafon plastik menawarkan banyak keunggulan dibandingkan plafon tradisional yang membuatnya lebih cocok untuk kamar mandi, dapur, dan ruangan dengan kondisi uap dan lembab.

Keunggulan dari plafon plastik

Keunggulan utama plafon plastik berasal dari sifat-sifat plastik, misalnya: Plastik merupakan bahan non higroskopis dan tidak menyerap air, kelebihannya pada kamar mandi adalah uap dari bak mandi atau pancuran tidak akan terserap ke langit-langit. Jadi tidak seperti langit-langit diplester tradisional yang bisa berjamur karena penyerapan uap, langit-langit plastik tidak akan berjamur. 



Langit-langit plastik mudah dibersihkan menggunakan pembersih rumah tangga atau kain lembab / kering. Langit-langit plastik hanya perlu dibersihkan dengan cepat dari waktu ke waktu agar tetap terlihat baru. Langit-langit plastik tidak perlu dicat. 

 Tidak ada lagi akhir pekan yang dihabiskan untuk mengecat dan mengecat ulang langit-langit kamar mandi dengan cat mahal. Plafon plastik tersedia dalam warna pilihan yang siap dipasang. 

Mudah dipasang, Plafon plastik mudah dipasang dengan alat terbatas. Seorang DIYer yang kompeten dapat memasang langit-langit plastik dalam beberapa jam hanya dengan gergaji tangan, bor sekrup atau stapel dan pistol silikon dan dapat dipasang di atas langit-langit yang diplester atau diarteks. 

Dapat dipasang dengan lampu downlight dan merupakan cara yang bagus untuk menyembunyikan kabel. Lampu downlight, juga dikenal sebagai lampu sorot, adalah peningkatan yang populer di kamar mandi dan dapur, tetapi membutuhkan saluran kabel tambahan dan lubang untuk dibor di langit-langit.


Plafon berbahan plastik sangat cocok untuk menutupi kerusakan plafon eksisting akibat pemasangan downlight, sehingga tidak perlu plesteran ulang untuk plesteran skim dan dicat. Plafon plastik bisa dipasang pada rangka kayu atau besi. Plafon plastik dapat digunakan sebagai plafon gantung.

Kekurangan dari plafon PVC

Seperti kebanyakan hal, ada beberapa kelemahan plafon plastik: Karena konstruksinya, dan plastik tempat pembuatannya, panas dapat menyebabkan kerusakan pada langit-langit, ini berarti bahwa penerangan yang ada di langit-langit perlu hemat energi dan tidak menghasilkan panas dalam jumlah besar. 

Bola lampu LED dll perlu dipasang. Karena cara pemasangan plafon plastik, garis sambungan antara setiap papan dapat terlihat. Saat panel langit-langit plastik baru dan sedang dipasang, muatan statis dapat terbentuk di permukaan papan. 


Tuduhan ini tidak cukup untuk merusak tetapi cukup menarik debu dan kotoran. Ini mudah dibersihkan tetapi mungkin memerlukan satu atau 2 hari agar muatan statis menghilang. Setelah plafon plastik dipasang, Anda tidak dapat mengubah warnanya, jika Anda ingin mengubah warna plafon, pelapis baru perlu dipasang. 

 Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin memasang plafon plastik, silakan lihat panduan kami tentang Cara Memasang Plafon PVC, lihat rangkaian pelapis plafon PVC yang tersedia untuk dibeli secara online dari kami.